Selasa, 24 Juli 2018

Tips Ternak Budidaya Lele


lele


Info budidaya belut adalah budidaya yang sebenarnya masih belum terlalu banyak yang mengelutinya karena budidaya ikan belut ini tidak terlihat mudah. hal tersebutlah yang membuat orang-orang tidak terfikir untuk membudidayakan belut dan lebih memiliki membudidayakan ikan jenis lainnya, budidaya belut ini sebenarnya bisa di lakukan dengan cara variasi yang lebih banyak. yang mana anda bisa memulai budidaya di dalam kolam semen ataupun memulai budidaya ini dengan drum pelastik. dan di dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membudidaykan belut dengan menggunakan air saja dan tanpa menggunakan lumpur.

Proses membudidayakan belut ini sangat menarik dan sangat mudah untuk di budidayakan, oleh karena itu, membudidayakan belut ini bisa di lakukan dengan cukup banyak fariasi. akan tetapi yang perlu di ketahui dalam membudidayakan belum tidak menggunakan lumpur adalah cara budidaya yang masih belum sempurna dan masih memiliki beberapa kekurangan. yang mana dalam budidaya belut ini pakan dari belut ini pastinya 100% harus di siapkan sang pemilik. hal tersebut pastinya akan membuat sang pemilik akan lebih boros.

Menurut Informasi Yang di peroleh dari Info Bola Tangkas, Keuntungan membudidayakan belut tanpa menggunakan kumpur juga memiliki keuntungan tersendiri, yang mana budidaya belut ini adalah belut tidak akan mudah terserang penyakit jika benar-benar di jaga ketabilan pada kolam, selain itu belut yang memang sudah terlanjur terkena serangan penyakit atau hama akan lebih mudah di kendalikan. cara ini juga akan sangat membantu para peternak karena kanibalisme dalam menggunakan cara ini juga bisa terhindari. peternah tersebut juga sudah tidak usah repot-repot untuk mencari lumpur ataupun debog pisang untuk di jadikan media atau tempat budidaya ikan lele ini.

Untuk melakukan budidaya belut  tanpa menggunakan lumpur adalah dengan cara mendapatkan tempat yang strategis, tempat yang strategis dalam membudidayakan belut adalah tempat yang memiliki sumber air yang banyak bahkan ketika musim kering. karena budidaya belut ini sendiri membutuhkan air yang banyak.

anda bisa melakukan budidaya belut ini dengan cara menciptakan kolam dengan menggunakan media air yang bisa di gunakan dengan cara menyusunnya menjadi empat tingkat, cara budidaya ini akan membuat anda menghemat lahan anda. dalam pemberian pakan juga akan cukup menguntungkan karena pakan yang di berikan akan langsung terlihat oleh sang belut dan akan langsung di makan ketikan pemberikan  pakan di lakukan pada waktu yang tepat. Yang paling menguntungkan dalam membudidakan belut ini adalah panen yang akan di lakukan jauh lebih gampang di bandingakan kolam lumpur, karena anda tidak harus melakukan pengalian dan pencarian belut yang sudah siap di panen.

MEDIA DAN AIR HARUS DI PERSIAPKAN.

cara membudidayakan belum ini anda bisa menggunakan media sungai untuk menghemat air dan juga tempat, sedangkan jika anda menggunakan kolam anda bisa mengendalikan belut dengan cara yang lebih mudah lagi.jika anda ingin membudidayakan belut di sungai, maka sebaiknya anda mempersiapkan jaring terlebih dulu. jaring tersebut di persiapkan untuk media untuk belut atau kolan dengan menggunakan jaring. kolam yang anda bentuk sebaiknya tidak telalu besar agar belut lebih mudah di kendalikan, anda bisa menciptakan lebar dan panjang kolom dengan ukuran 2 x 2. Jika anda menggunakan kolam beton sebagai medianya, maka sebaiknya kolam beton tersebut di lapisi dengan menggunakan alas karena kolam tersebut pastinya akan di gali oleh belut tersebut. belut adalah jenis ikan yang suka mengali.

Kualitas pada air juga harus di jaga dalam membudidayakan belut dengan menggunakan air bersih, suhu yang di butuhakan belut adalah suhu yang sama dengan budidaya ikan lainnya, yakni dengan suku antara 25 derajat sampai dengan 29 derajat celcius. jenis air yang di butuhkan adalah jenis air bersih yang terhindar dari berbagai bahan kimia. kolam beton biasanya adalah jenos kolan yang sudah kaya akan oksigen, akan tetapi jika masih kurang sebaiknya anda menggunakan alat penambah oksigen pada kolam tersebut. untuk bibit belut sendiri, kondisi oksigen sangat perlu di perhatikan karena bibit belus pastinya tidak akan tahan jika hidup di tempat oksigen yang minim.

MENGGUNAKAN BIBIT TERBAIK.

setelah tempat dan media budidaya sudah selesai di persiapkan, langkah selanjutnya adalah memilih bibit dengan kualitas terbaik. untuk mendapatkan bibit yang memiliki kualitas terbaik adalah dengan cara memperhatikan ciri sang belut. belut yang memiliki kualitas bagus adalah belut yang tidak memiliki luka. bibit yang di gunakan sebaiknya berukuran sebelas cm atau lebih,. warna belut cerah dan ketika di pegang belut pastinya akan lebih kasar.

MENEBARKAN BIBIT

penebaran bibit sebaiknya tidak langsung di lakukan begitu saja, sebaiknya di lakukan ketika sore atau pagi hari. usahakan agar belut beradaptasi terlebiih dulu dengan suhu air dan untuk ukuran kolam  1 x1 m bisa di isi dengan 15 kg bibit belut.

MEMBERIKAN MAKAN.

tahap-tahap dalam membudidayakan belut adalah sangat penting, akan tetapi dalam pemberian pakan pada belut adalah hal yang paling sering mengganggu sang peternak karena pengetahuannya yang kurang minim atau pengalaman yang juga masih sedikit.  untuk pemberian pakan adalah sebaiknya tidak terlalu sedikit dan jangan juga terlalu banyak. jika pemberikan pakan yang terlalu banyak, hal tersebut akan membuat belut tersebut akan mudah terjangkit penyakit karena jenis air yang kotor karena sisa pakan, pemberiaan pakan juga jangan terlalu sedikit karena pemberian pakan yang terlalu sedikit membuat belut kelaparan dan menjadi kanibalisme selain itu belut yang kekurangan makanan juga akan lembat pertumbuhannya.

jangan sering lakukan pengantian pakan selam belut tersebut masih menyukai pakan tersebut. pekan yang di ganti akan membuat belut harus beradaptasi kembali dengan pakan tersebut dan selara makan belut akan menutrun. pakan yang di sukai oleh belut itu sendiri adalah ikan cere, cacing merah, kecebong, olat hongkong dan anda juga bisa berikan keong sawah jika di perlukan.

PERAWATANNYA

Selalu perhatikan kualitas air adalah cara yang paling efektif dalam melakukan perawatan belut. lakukan perawatan dengan memperhatikan belut yang terkena penyakit dan langsung di lakukan penanganan yang signifikant, belum yang sudah terkena penyakit biasanya akan terus bergerak pada siang hari. belut juga akan salit serang dan kelelahan dan akhirnya mereka akan sering naik ke permukaan untuk mengambil udara. 

Agar belut tidak cepat terkena panyakit, kita juga harus memperhatikan kebersihan pakan dan juga  keteraturan pakan yang di berikan sesuai dengan posrsinya dan sesuai dengan jadwalnya. cara ini akan menjaga kualitas air dan kesehatan pada belut. 

Belut adalah jenis bintang yang bergerak dengan menggunakan tubuhnya, sehingga dia menggunakan tubuh lendir yang du keluarkannya setiap saat agar tubuhnya tersebut tidak terluka atau tergores. lendir tersebutlah yang membuat air mudah menjadi kotor dan menjadi asam. oleh karena itu sebaiknya gunakan filter air pada kolam dan lebih sering menganti air agar tetap terjaga kebersihannya. - tangkas77.blogspot.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar