Rabu, 25 Juli 2018

Tips Buddiaya Buah Jambu Lengkap


tanaman jambu


Info Budidaya - Untuk membudidayakan jambu biji adalah hal yang mudah, hal tersebut karena tanaman ini memiliki daysa adaptasi yang tinggi, mereka mampu tumbuh dengan baik dengan perawatan yang mudah di daerah tropis, membudidayakan jambu ini pastinya akan membuat anda merasa senang karena jambu ini tidak terlalu sulit utuk di budaykan dan selain itu dia memiliki cukup banyak variasi. hal tersebut membuat tidak sedikit pesaing petani jambu ini.

Seperti tanaman lainnya, tanaman ini memiliki batang yang kuat dan biji pada buahnya sehingga tanaman ini bisa di budidayakan dengan cara generatif dan juga vegetatif, dengan cara okulasi dan juga dengan cara cangkoklah tanaman ini di budidayakan secara vegetatif dan dengan cara menanam biji tanaman ini di kembang biakan dengan cara generatif. untuk mendaptkan hasuil yang lebih baik, sangat di sarankan untuk membudidakan buah jambu menggunakan teknih generatid ataupun menanam tanaman ini dari bijinya. berikut adalah pembahasan tentang bagaimana cara membudidayakan tanaman jambu.

1. MEMILIH BIBIT UNGGULNYA.

Pastinya dalam membudidayakan tanaman jambu ini pastinya harus memilih biji jambu dengan kualitas terbaik dan sesuai dengan jenis tanaman jambu biji yang akan di budidayakan. pilihlah jenis jambu yang akan di budidayakan dan pilihlah bibit dengan kualitas biji terbaik dengan cara memilihnya dari buah yang terbaik. berikut adalah rincian bagaimana cara membudidayakan tanaman jambu dengan menggunakan biji tanaman:

- Pilih Buah dengan Induk yang memang berkualitas bagus seperti buah yang besar denganrasa yang di inginkan dan juga buah yang lebat

- Sebelum mengabil bijinya sangat di sarankan untuk memilih biji dari buah yang memang sudah matang, yang mana biasanya jambu biji tersebut akan mulai kekungingan. yang mana aroma pada jambu tersebut juga sudah tercium.

- Pilih buah yang baik, buah yang baik adalah buah yang memiliki ukuran yang besar. buah yang besar juga akan mengandung biji yang elbih banyak.

- Bibit yang sudah busuk akan membuat biji rusak,  oleh karena itu jangan pernah memiliki biji dari buah yang busuk.

Langkah selanjutnya dalam membudidayakan tanaman jambu biji ini adalah mempersiapkan biji untuk di jadikan bibit setelah anda memilih biji tersebut dengan kualitas terbaik. berikut adalah cara mempersikan bibit untuk di semaikan. berikut ulasannya :

- satu buah jambu biji di persiapkan,

- Ambilbiji dari jambu tersebut dengan cara di kupas.

- Bersihkan biji buah hingga bersih dengan menggunakan air yang mengalir.

- Gunakan biji yang berkualitas bagus, biju yang berkualitas bagus adalah biji yang tengelam (tigak mengapung) 

- Biji di simpan selama satu hari. dan selesai.

Menurut Info Dari Info Bola Tangkas, Setelah langkah tersebut telah selsesai di lakukan dengan baik, kita akan melanjutkand dengan langkah selanjutnya, yakni dengan menanam biji. berikut adalah langkah langkahnya. :

PENYIAPKAN MEDIA ATAU TEMPAT.

Jika anda sudah mendapatkan kualitas bibit yang sudah seperti yang di inginkan makan kita harus mempersiapkan wadah untuk tempat menanam biji tersebut. media atau wadah ini du gunakan untuk menanam biji dari buah tersebut oleh karena itu, persiapkan bahan bahan ang di perlukan sebagai berikut.:

- Pupuk Kandang, Pupuk Kompas dan juga pupuk organik.

- Pasir.

- Air.

- Sekop 

MENYEMAIKAN

Dengan cara membudidakan tanaman ini  dengan cara membudidaka dari biji ataupun dengan cara di cangkok, Cara-cara tersebut menjadi sesuatu yang sangat penting. Dengan menggunakan media mikro, biji buah akan di semaikan. dengan menggunakan medua mikro, maka tanaman tersebut akan terhindar dari berbagai penyakit dan juga hama yang akan menganggu tanaman tersebut.

Sebab itu, lakukan penyamaian bibit tersebut di tempat yang bersih dan jauh dari hama dan penyakit. tepat menyamaikan bibit tersebut akan menjadi faktir yang penting dalam keberhasilan budidaya. cara tersebut menjadi cara yang sangat penting dalam budiadaya. yuk.. kita lihat cara budidaya dengan cara yang benar.

- Langkah pertama yang harus di lakukan adalah dengan mencampurkan Pupuk Kandang, Pupuk Kompas dan juga pupuk organik dengan pasir dengan perbandingan 2:1:1.

- masukan campuran tersebut kedalam pot.

- campuran tersebut di tempatkan di tempat yang bersih dan biarkan selama dua minggu.

- tanam biji dengan menggunakan pasir sebagai penutupnya

- siramlah dengan menggunakan air, jangan berlebihan ketika menlakukan penyiraman.

 - berikan penyiraman di setiap sore hari dan juga pagi hari

- pastikan tempat tersebut tidak terkena matahari yang berlebihan atau terlalu terik.

Dalam waktu tiga minggu atau dalam waktu satu bulan, biasanya tanaman akan mulai tumbuh, setelah tanaman berumur delapan minggu maka ukuran tanaman akan berukuran hingga 10 cm, setelah itu tanaman sudah siap di tanaman pada wadah yang sudah di siapkan sebelumnya di tempat atau wadah yang permanen. anda harus melakukan persiapan untuk wadah permanen yang akan di lakukan untuk membudidayakan tanaman jambu biji ini. Berikut adalah langkah bagaimana cara membudidayakan tanaman tersebut:

MEMPERSIAPKAN TEMPAT ATAU LAHAN.

kita sudah seharunay melakukan persiapan tempat untuk membudidakan tanaman buah jambu biji ini sebelum tanaman tersebut berumur dua minggu, tempat yang di persiapkan adalah tempat permanen yang mana tanaman akan langsung di tanman pada tanah tanpa menggunakan pot atau sejenisnya. berikut adalah yang harus di perhatikan dalam mempersiapkan wadah atau tempat.

- Pilihkan tempat atau lahan yang memiliki kualitas gembur ataupun tanah yang subur dan juga tidak sulit akan sinar matahari.

- Tanah sebaiknya sudah tertata dengan rapi tanpa adanya rumput di sekitarnya dan juga tanpa ada bebatuan yang akan menganggu pertumbuhan tanaman.

- lubang yang di butuhkan dalam budidaya tanaman ini adalah dua puluh sampai dengan dua puluh lima cm, 

- setelah itu yang perlu di lakukan adalah dengan menciptakan bedengan di sekitar lubung yang telah di gali dan yang telah di persiapkan setinggi 30 cm dengan lebar tiga meter, hal tersebut di lakukan dengan tujuan sebagai penunjang air untuk pohon jambu tersebut.

- Jangan lupa untuk campurkan tanah yang akan di gunakan untuk menanam bibit tersebut dengan menggunakan pupuk kompos dan juga pupul kandang denga perbandingan 2:1:1.


- Lubang tersebut di biarkan selama empat belas hari atau lebih agar tanah yang akan di gunakan tersebut sudah benar benar siap di pakai.

Langkah selanjutnya yang harus di lakukan adalah melakukan penamaman bibit yang sudah berumur dua bulan tersebut ke lubang tanam permanan yang sudah di persiapkan. 

- Dalam proses pemindahan, usahakan jangan sampai akar pada tanaman tersebut tidak terluka agar tanaman tidak strs, jika perlu sobek polibag yang di gunakan,

- Tanah yang utuh di dalam polibag tersebut di harapkan di tanam di tempat atau media permanen.kemudian di tanam di dalam media permanen.

- Waktu penanaman di lakukan, pastikan tanman tersebut tidak miring,

PENIYRAM JAMBU BIJI

Tanaman jambu biji ini membutuhkan air yang cukup ager pertumbuhan pada tanaman tersebut bisa tumbuh dan berkembang dengan sangat baik, tanaman ini membutuhkan penyiraman yang di lakukan secara pasti dan rutin. penyiraman di lakukan setiap pagi dan sore hari. untuk peyiraman sendiri, lakukan penyiraman secara benar dengan cara penyiraman yang tidak berlebihan dan juga menggunakan air yang layak.tanaman yang mendapatkan air yang cukup akan membuat tanaman tersebut lebih sehat dan bertumbuh dengan sangat baik. penyiraman ini sebenrnya bukanlah hal yang sulit akan tetapi tetap harus di perhatikan dengan baik dan benar. berikut adalah cara penyiraman yang baik dan juga benar.

- penyiraman di lakukan secara tidak berlebihan dan tidak sekaligus. usahakan jangan sampai air genang terlalu banyak.

- Jangan lupa untuk memastikan saluran pada air tersebut selalu lancar.

- Jika anda melakukan penanaman dengan menggunakan pot besar maka berikan bebatuan pada bagian dasar pot agar air tidak mampet dan bisa mengalir dengan baik,

- Jangan lupa menggunakan bendengan untuk mengontrol kadar air jika menggunakan media tanah.

PENGEMBURAN TANAH DAN JUGA PENYIANGAN

pengemburan dan juga penyiangan tanah perlu di lakukan dalam membudidayakan tanaman ini. penyiangan di lakukan dengan tujuan agar tanaman liar yang ada di sekitar pohon tidak menganggu pertumubuhan pohon. pohon tersebut juga akan jauh dari penyakit.

Jika penyiangan tidak di lakukan, maka tanaman akan kekurangan nutrisi karena mereka harus berebutan makanan dengan tanaman liar tersebut, oleh karena itu maka pertumbuhan pada tanaman akan tertunda.

Sangat di sarankan untuk melakukan pembasmian gulma di lakukan secara rutin. hal tersebut di lakukan dengan tujuan agar tanaman jambi biji tersebut bisa tumbuh dengan maksumal. anda bisa melakukan pembanmian hama dengan menggunakan cangkul dan jangan sampai tanaman biji jambu tersebut terkena luka karena aktivitas pembasmian hama.

Jangan lupa untuk melakukan pengemburan tanah agar tanaman tersebut lebih mudah mendapatkan udara.pengemburan tanah juga sebaiknya di lakukan secara rutin.dengan sirkulasai udara yang bagus, pertumbuhan tanaman dan buah juga akan sangat baik.

8 MEMUPUK TANAMAN

Jambu biji akan bisa tumbuh dengan lebih baik dan maksimal jika tanaman tersebut  mendapatkan pemupukan dengan lebih baik. berikan pemupukan dengan rutin, berikut adalah panduannya.

- Pada fase ini, pemupukan di lakukan dengan cara pemberian ketika tanaman tersebut berumur setengah tahun, berikan pupuk kandang, pupuk ZKdan juga Urea dengan memnaburkan pupuk di sekitar tanaman dengan jarak satu meter dari tanaman.

- Pemupukan kedua adalah ketika tanaman berumur satu setengah tahun lakukan pemberikan pupuk TSP dan juga NPK secara rutin, yakni dengan jangka waktu tiga bulan sekali

- lakukan pemupukkan jika tanaman terlihat kurang segar atau membutuhkan netrisi lebih, ini adalah fase ketiga. pemupukan ini biasanya di lakukan jika tanah tersebut kurang subur.

PEMANENAN BUAH JAMBU.


Biasanya setelah tanaman berumur sekitar tiga tahun tanaman bua jambu biji sudah bisa di panen, yang perlu di perhatikan sebelum melakukan pemanenan adalah ciri ciri pada buah jambu biji, yakni kulitnya yang berwana kekuningan dan wanrnanya tersebut akan terlihat lebih mengkilat, aroma pada jambu juga akan tercium dan yang peling penting adalah buah akan lebih lunak. Jika hal tersebut sudah terpenuhi. maka buah sudah siap di panen, pemanenan itu sendiri bisa di lakukan dengan cara memotong tangkai pada tanaman atau dengan cara memetik buah tersebut. dalam proses pemanenan sekaligus untuk melakukan pemangkasan pada ranting pohon yang sudah telalu lebat dan pada ranting yang sudah tua akan tidak sehat



Tidak ada komentar:

Posting Komentar