Senin, 22 April 2019

TIps Usaha Sukses Terbaru Part 1



Peluang Usaha Dan Bisnis
- Bisnis rumahan merupakan bisnis yang kerapkali di anggap sepele, akan tetapi yang perlu di ketahui jika bisnis yang awalnya di mulai dari kecil dan terus menurus di push, maka hasil yang akan di peroleh juga sangat memberikan harapan bagi sang pemilik.

Binis yang kerap kali di sepeleka ini ternyata sudah membuat banyak orang mendapatkan hasil yang membuat mereka merasa puas dan bahkan membuat mereka telah menjadi orang kaya.

Terkadang yang kita lihat tidak seperti apa yang kita bayangkan. seperti google sendiri pada awalnya google sendiri ternyata merupakan bisnis rumahan yang di kerjakan atau yang di jalani dengan serius dan google pun terus berkembang karena di jalankan dengan kerja keras dan dengan kerja pintar.

Bisnis seperti Kaskus, Buka Lapak dan lainnya juga merupakan bisnis yang tidak langsung di kerjakan dengan skala yang benar dan bahkan mereka memulai bisnis mereka mulai dari rumahan.

Seperti yang kita ketahui, jika bisnis rumahan memang bukan merupaka bisnis yang mudah karena pada umunya bisnis rumahan merupakan bisnis yang di awali dengan modal yang tidak terlalu besar.

Akan tetapi keunggulan bisnis rumahan sediri di bandingkan dengan bisnis kantoran adalah pengeluaran atau biaya operasionalnya akan lebih kecil karena bisnis yang masih kecil tidak akan terkena biaya pajak dari pemeritahan.

Layaknya bisnis pada umunya, tidak sedikit orang yang mendapatkan kegagalan ketika mereka menjalani bisnis mereka karena bisnis ini sendiri berbeda dengan ketika sedang kita menjadi seorang pekerja.

Yang mana ketika kita menjadi seorang pekerja, kita tidak perlu tahu terlalu banyak tentang keberhasilan atau pasar dari perusahaan tersebut dalam artian, jika perusahaan tersebut gagal atau bangkrut kita bisa langsung mencari pekerjaan lain dengan mudah ataupun tidak sesulit membuka bisnis sendiri.

Di baca juga : Tips Usaha Terbaru

Sedangkan bisnis atau usaha sendiri akan menjadi tangung jawab anda sendiri. 100% tanggung jawab anda sebagai pemilik perusahaan kecil tersebut jika di kerjakan dengan baik, maka hasilnya juga akan sangat baik untuk anda sendiri. KENAPA?? pada dasarnya berbisnis memang akan sangat sulit dan akan sangat melelahkan ketika anda harus mengerjakan perkerjaan lebih dari satu orang tetapi di kerjakan sendirian.

Disaat kita merintis perusahaan baru kecil kita, kita akan menjadi mendaptakan kesulitan yang amat sangat sulit di bandingkan dengan bekerja. kegagalan bisnis kecil ini di pastikan akan membuat anda gagal seutuhnya.

Akan tetapi yang perlu di ketahui adalah meskipun bisnis sulit untuk merintisnya akan tetapi bisnis akan terus berkembang dan tidak seperti bekerja pada suatu perusahaan, yang mana gaji yang di peroleh yah... begitu-begitu saja. jikalupun ada penaikan gaji, pada umumnya tidak jauh berbeda dengan gaji utama.

Menurut Informasi yang di peroleh dari Jurnalis Agen Bola Tangkas, Sangat berbeda dengan bisnis yang akan semakin berkembang dan terus berkembang. planggan yang semakin banyak dan modal dan keuntungan yang terus bisa kita gandakan melalui bisnis tersebut membuat kita semakin dekat dengan kesuksesan.

Akan tetapi, resiko untuk membuka bisnis rumahan itu sendri adalah kegagalan atau bangkrut yang mana itu akan menjadikan diri anda miskin. kerap kali orang-orang mengambil langkah yang salah sehingga  membuat bisnis mereka menjadi gagal. berikut adalah langkah-langkah yang harus di ketahui agar anda tidak menemui kegagalan dalam berbisnis.

1. LINGKUNGAN YANG NYAMAN.

Lingkungan kerja sangat mempengaruhi hasil dari pekerjaan tersebut, yang mana yangperlu di perhatikan dalam membuat lingkungan yang nyaman kita harus membuat suasana kantor senyaman mungkin dengan bentuk atau FENG SUI yang bagus, selain itu peralatan kantor atau peralatan lainnya di pastikan layak pakai.

Aturan untuk karyawan yang membuat para kariawan bisa bekerja dengan maksimal akan tetapi itu tidak berarti dengan peraturan yang super ketatat, yang di maksud di sini adalah peraturan yang membuat para karyawan yang fair dan bisa saling menghargai dan yang paling penting itu akan membuat anda menjadi seorang kepala atau pemilik perusahaan di hargai oleh angota.

Karena pada dasarnya  orang-orang yang menghargai fairnya peraturan merupakan orang-orang yang memiliki keinginan kerja layaknya seorang karyawan.

Sedangkan karyawan yang selalu menggunakan otaknya menuju kearah yang mentimpang seperti selalu mencari perhatian dari atas agar bisa menjadi orang yang di percaya dan bisa mendapatkan posisi yang nyaman merupakan orang yang tidak fokus dengan pekerjaan dan lebih mementingkan diri sendiri.

Orang-orang yang selalu memberikan hasil yang baik dengan kerjakerasnya merupakan orang yang seharusnya menjadi orang kepercayaan anda, yang mana pada suatu saat orang seperti itu lah yang akan membuat perusahaan anda terus berkembang.

Saya sendiri merupakan karyawan di suatu perusahaan, saya tidak fokus dengan pekerjaan saya karena peraturan yang tidak fair membuat kami merasa tidak nyaman.

Saya juga merupakan salah satu kepala bagian, akan tetapi di bagian saya sendiri, saya juga tidak mendapatkan kepercayaan. padalah omset perusahaan pada bagian yang saya kendalikan terus meningkat karena kerja keras yang saya berikan.

Akan tetapi suatu saat sistem dari perusahan tersebut memiliki efek samping dan kesalahan tersebut di lemparkan kepada saya. semua sistem yang sudah berjalan dengan baik di ubah oleh perusahaan. efek dari sistem tersebut padahal bukan merupakan kesalahan yang fatal.

Lalu ketika semua sistem di ubah dan saya hanya bekerja sesuai dengan prosedur dan perintah dari atasan, omset dan juga perusahaan menurun secara dratis.

Nah.. oleh karena pemimpin yang arogan dan dengan tanpa adanya pengecekan terlebih dulu, pemimpin tersebut langsung melemparkan kesalahan tersebut kepada karyawan tersebut.

Pengalaman yang saya dapatkan dengan bekerja di perusahaan tersebut saya berharap bisa menjadi pengalaman yang berarti untuk anda dan bahkan pun saya sendiri.

Saya sendiri yang bisa membuat artikel ini tetang perusahaan atau bisnis karena sebelumnya saya dan keluarga saya sudah beberapa kali melakuakan bisnis rumahan dan itu berjalan dengan sangat baik.

TAPI KENAPA SAAT INI SAYA MASIH BEKERJA DENGAN ORANG LAIN DAN TIDAK MEMULAI BISNIS SENDIRI?? itu karena saya masih seorang yang memiliki umur yang mudah, dan usaha -usaha keluarga saya masih berjalan dengan sangat baik dan bahkan saya telah memiliki rumah sendiri yang dipersiapkan oleh orang tua saya untuk memulai bisnis rumahan saya.

Dan untuk alasan saya sendiri bekerja dengan orang lain karena saya masih  memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengalaman yang lebih bayak dan menjadi orang yang lebih berpengaman dalam berbisnis.

Saya juga mendaptakan begitu banyak ilmu atau pengetahuan yang sangat bermanfaat untuk saya di kemudian hari.

2. KEUANGAN.

Pengolahan keuangan juga menjadi bagian yang cukup penting dalam bisnis ini, ketika mereka memulai bisnis mereka dan mereka tidak menyiapkan dana cadangan untuk menyuport bisnis mereka.

Kejadian ini kerap terjadi dan mengakibatkan perusahaan tersebut  harus ggaal dan bangkrut karena perputaran atau pengeolahan uang tidak di lakukan secara teliti.

Meskipun perusahaan rumahan atau bisnis kecil, anda juga harus membedakan keuangan pribadi dan juga keuangan perusahaan. yang mana kerap kali terjadi kejadian keuangan perusahaan atau uang untuk bisnis tersebut di gunakan untuk urusan atau kepentingan pribadi.

Selain itu, bagi mereka yang memulai bisnis mereka dengan pinjaman dari bank dan mereka yang mengambil pinjaman tersebut dalam jangka waktu yang terlalu pendek karena takut dengan bunga yang terhitung cukup besar, so mereka mengambil keputusan secara singkat dengan menggunakan pinajaman dalam waktu jangka pendek saja.

Yang perlu di ketahu dalam berbisni dengan menggunakan pijaman uang dari pihak bank tidak perlu di takuti atau terlalu terburu-buru, karena pinjaman tersebut pasti akan sangat mengutungkan karena bunga dari pijaman tersebut sendiri pasti akan sebanding dengan pendapatan dari modal pinjaman tersebut dengan kalkulasi yang benar.

Yang mana perhitungan tersebut di mulai dengan menghitung jumlah modal secara keseluruhan yang mana di antaranya adalah modal awal, modal operasional, keuntungan, kerugian dan lainnya harus tercatat secara lengkap.

Karena perusahaan atau bisnis yang di jalani masih belum terlalu besar, maka sangat di sarankan untuk tidak melakukan perhitungan yang terlalu rumit, karena itu  akan memakan cukup banyak waktu dan tenaga yang bisa di gunakan untuk hal lain.

Setelah perhitungan dan rincian dari keuntungan bersih di dapatkan, anda bisa memperhitungkan akan berapa lama anda memutarkan uang pinjaman dari pihak bank.

3. SOLIDARITAS

Nah.. ini yang paling sering di sepelekan dari suatu perusahaan, yang mana solidaritas adalah salah satu kunci yang sangat baik dari suatu perusahaan.

Tim yang memiliki solidaritas yang baik merupakan tim kuat yang bisa menghadapi kesulitas berbisnis seperti perusahaan yang tidak kunjung berkembang karena pendapatan yang pas-pasan.

Dengan solidaritas tim akan membuat anda bekerja dengan nyaman, pekerjaan yang nyaman akan membuat anda bisa lebih berfikir jenih dan memiliki tekat untuk bekerja keras dan membuat tim lebih mudah berkerjasama dan menjauhkan mereka dari ego meraka masing-masing.

Dengan sikap saling menghargai dan dengan aktifitas di luar kartor dengan lebih banyak bersama membuat mereka menjadi lebih nyaman untuk saling berbicara, menyampaikan pesan dan biasanya mereka akan menyampaikan keritikan tentang teman mereka dengan cara yang lebih baik.

4. TEMPAT YANG TEPAT.

Tempat yang tepat hampir sama dengan suasana yang baik, akan tetapi yang perlu di ketahui adalah tempat yang tepat yang di maksud di sini adalah tempat kerja dengan suasana baru seperti bekerja sambil nongkrong di cafe atau bagi anda yang ingin bekerja di tempat yang sunyi.

Hal tersebut akan membuat anda merasa nyaman dalam bekerja, sehingga produktifitas dalam pekerjaan anda akan semakin baik lagi.

jika anda sudah memiliki karyawan yang sudah cukup banyak, sebaiknya memberikan waktu untuk mereka berlibur atau memiliki hari libur, hal tersebut akan membuat mereka yang bertangung jawab dengan liburan mereka akan semakin membuat mereka tambah produktif.

bekerja tanpa lubur dalam waktu yang panjang, akan membuat mereka sulit untuk bekerja karena rasa lelah dan juga jenuh di dalam pekerjaan. Hal tersebut sebenarnya membuat anda rugi.

5 .Selalu Memberikan Yang Terbaik Untuk bisnis Kita.


Biasanya orang-orang akan mendapatkan ujian ketika bisnisnya tersebut sudah mulai berkembang, nah hal tersebut sangat lah sering terjadi dalam dunia bisnis dan mereka lambat laun mulai tergeser dengan pesaing lainnya.

Pembisnis yang baik merupakan orang-orang yang terus mencari solusi dan terus memperbaiki kesalahan ataupun terus berinovsai dalam bisnis yang di jalani. akan tetapi yang perlu di ketahui dalam berbisnis, bukan hanya kerja keras yang di perlukan akan tetapi tersu menambah informasi tentang bisnis anda menjadi kuci.

Terus berfikir bagaimana agar bisnis anda terus berkembang dan terus berkembang. Dalam berbisnis tetapkan memberikan yang terbaik dalam bisnis anda, karena meskipun bisnis anda sudah mulai berkembang sangat disarankan untuk terus berfikir dan terus berinovativ agar bisnis tersebut bisa terus berjalan dengan baik dan terus berkembang.

6. Pola Berfikir Yang Baik.

Pola berfikir yang baik dalam paragraf ini merupakan pola berfikir saat anda berkerja. Dengan berbisnis di rumah, itu artinya anda akan berkeja di ruma dan biasanya pekerjaan di rumah biasanya akan sangat mudah dan gampang sehingga membuat anda tidak memiliki suatu pemicu untuk berkeja dengan lebih baik lagi. (bekerja terlalu santai). Meskipun bisnis ini di kerjakan di rumha sendiri, anda tidak boleh memiliki pikiran atau mind set jika pekerjaan ini tidak memiliki tuntutan.

Tempat dan juga aturan sangat penting dalam perannya di sini, yang mana pada karyawan dan bahkan anda sendiri harus bisa menganggap pekerjaan ini di kerjakan di sebuah perkantoran profesional.

Nah dengan demikian , hasil yang akan di peroleh juga di pastikan akan menjadi hasil yang lebih baik lagi dengan bekerja secara profesional.

7. PRODUKSI TERBAIK.

Berbisnis apa dan barang apa?  Jual barang apa? Nah.. ini lah yang paling sulit dalam sebuah bisnis. memutuskan bisnis apa yang akan di jalankan. akan tetapi pada umumnya, mereka menjalani bisnis hanya dengan cara mengikuti toko atau pembisnis yang sudah ada.

Anda tiggal mempelajar bagaimana bisnis tersebut berjalan, bagaimana cara mengolahnaya dan hasilnya akan seperti apa.

Pertimbabang tersebut memang tidaklah mudah dan mungkin anda juga akan berhasil menjalani bisnis tersebut.

Akan tetapi yang perlu di perhatikan dengan kemampuan kamu dan juga passion kamu. keingingan seseorang untuk menjadi sukses akan lebih mudah jika cocok dengan passion nya.

Akan tetapi pilihan pertama atau dalam langkah pertama tersebut akan menjadi pilihan yang sangat sulit apa lagi modal yang di miliki terbatas.

Keuntungan tidak bisa menjadi patokan utama menjadi seseorang yang sukses dalam karirnya, akan tetapi passion lah yang akan membuat anda menjadi orang yang sukses dan bisnis anda.

8. BRAND.

Brand bagian yang sangat penting bagi bisnis anda, yang mana dalam pengolahan brand tersebut akan menjadi inti dari kesuksesan bisnis anda. Brand juga merupakan salah satu bagian dari marketing atau bagian dari pemasaran.

Sangat di sarankan untuk menggunkan Brand sendiri , akan tetapi brand sendiri yang ingin di pasarkan sangat disarankan untuk memberikan harga yang lebih miring atau menggunakan untung yang lebih tipis agar pemsaran yang di lakukan bisa berjalan dengan lebih baik.

Baik brand dengan kualitas yang menengah ataupu brand dengan kualitas yang super.

Orang-orang akan mengenal brand anda dengan baik dan setelah banyak orang yang menggunakan brand anda dan dengan banyaknya permintaan. langkah demi langkah brand anda akan semakin mahal dan akan banyak orang yang menggunakannya.

Jika bisnis anda yang di jalankan merupakan bisnis yang sejenis dengan fashion seperti kaus, maka sangat di sarankan untuk menggunakan model atau iklan berbayar untuk membantu brand anda terjual atau mendapatkan pasar yang lebih baik lagi.

9. PRIORITAS LAYANAN.

Bisnis yang ingin berkembang menjadi sebuah tantangan bagis bisnis tersebut, yang mana dalam bisnis yang akan berkembang ini adalah ketika permintaan tentang barang atau bahan yang di jual terus meningkat.

Permintaan barang atau bahan yang semakin banyak membuat sang pemilik tidak mampu untuk memenuhi permintaan tersebut. Oleh karena itu, sangat di sarankan untuk tidak ragu-ragu untuk menambah karyawan atau angota kerja jika bisnis tersebut sudah mulai membesar.

Kita bisa menggunakan contoh bisnis pakaian, yang mana dalam bisnis pakaian, Para pemilik toko biasanya akan menambah karyawan mereka untuk sementara ketika permintaan menumpuk.

Biasanya mereka akan menambah karyawan mereka ketika memasuki bulan puasa, yang mana dalam bukan puasa menuju bulan lebaran, Omset di pastikan akan meningkat hingga 20 kali lipat.

Oleh karena hal tersebut, pastinya sang pemilik dengan karyawan itu-itu saja tidak akan sanggup untuk memenuhi permintaan. nah.. dalam menambahkan karyawan sendiri juga akan menjadi suatu keuntungan bagi sang pemilik toko karena pelanggan-pelanggan mereka akan mendapatkan pelayanan yang lebih baik lagi.

Dan hasil yang akan di dapatkan adalah pelanggan merasa puas dan terus berbelanja di tempat anda.

10 BARANG CADANGAN.

Produksi cadangan akan sangat bermanfaat untuk menjaga nama baik dari toko atau bisnis  tersebut. yang mana produksi ccadangan akan sangat bermanfaat ketika anda sedang mengalami masalah seperti pada mesin yang rusak akan pun permintaan yang berlebih.

Produksi cadangan yang di maksud adalah dengan mempersiapkan mesin cadangan atau genset agar produksi tidak tergangu.

Contoh :  Dalam bisnis online, yang mana anda harus terus berupaya agar PC atau komputer anda selalu online. agar ketika anda mendapatkan pesanana atau pesan dari member, anda akan bisa segera membalasnya.

Yang mana kita harus mempersiapkan UPS agar ketika mati lampu atau matinya listrik, PC anda tidak langsung mati dan anda juga harus mempersiapkan Genset agar jika mati lampu lebih lama, anda bisa menggunakan genset agar PC anda tetap bisa online.

Kenapa Kita Hrus mempersiapkan itu semuanya, Karena ini adalah bagian dari pelayanan. pelayanan yang baik akan membuat pelanggan anda menjadi nyaman dan juga betah berbisnis dengan anda.

11. DATA-DATA AMAN.

Data-data pada suatu bisnis biasanya merupakan barang-barang yang sangat penting, yang mana pada umumnya bisnis selalu menyimpan data-data penting seperti data-data member, data pendapatan, data pengeluaran, penolahan bisnis dan masih banyak lagi.

Mungkin ketika bisnis anda masih kecil, mungkin data-data masih belum begitu penting, akan tetapi dengan berjalannya waktu, data-data yang anda miliki semakin banyak. akan anda juga akan menyadari jika data-data tersebut akan sangat lah penting. Khususnya dalam laporan utang piutang.

Oleh karena hal tersebut, data-data harus di simpan dan di jaga dalam bisnis agar terhindar dari namanya kelalaian berbisnis yang bisa membuat bisnis anda menjadi kacau.


12. TIDAK SEMBARANGAN DALAM MEMILIH KARYAWAN.

Karyawan adalah bagian yang sangat penting dalam sebuah bisnis, yang mana setiap karyawan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Akan tetapi akan sangat sulit untuk mendapatkan karyawan yang benar-benar ingin menjadikan binsis anda menjadi lebih maju lagi, bahkan seorang karyawan yang  memiliki kemampuan juga tidak akan memerbikan yang terbaik dari yang mereka.

Oleh karena itu, pilihlah karyawan yang bisa di ajak untuk bekerjasama dan juga karyawa yang memiliki potensi.

Untuk memilik seorang karyawan akan sangat baik jika di di interview terlebih dulu dan di uji kemampuan nya terlebih dulu.

Pastikan karyaawan tersebut merupakan orang yang memiliki pribadi yang baik.

Setalah mendapatkan karyawan yang memenuhi kriteria. sangat di sarankan untuk lebih memperhatikan  keperluan yang berhubungan dengan pekerjaannya. khususnya ketika bisnis anda sudah menjadi bisnis yang besar.

Karyawanpun menjadi salah satu aset yang sangat besar dalam suatu bisnis dan akan sangat menentukan perkembangan bisnis anda, akan tetapi di sini tidak mengajarkan agar untuk takut dengan karyawan yang mahir dalam bisnis anda.

Dia juga harus memenuhi aturan dalam bisnis anda, dan jika karyawan tersebut bukan merupakan pribadi yang bagus, akan sangat disarankan untuk mengantikannya dengan karyawan yang baru.

 13. KOMUNIKASI

Komunikasi yang buruk di pastikan akan membuat bisnis tersebut menjadi bisnis yang harcur berantakan. hal tersebut karena mereka yang tidak memiliki komunikasi yang bagus karena adanya masalah dalam bisnis tersebut ataupun karena masalah pribadi.

Dengan sulitnya berkomunikasi atau komunikasi yang tidak baik akan membuat karyawan ataupun orang yang berkerja pada perusahaan tersebut akan sulit menyampaikan hal yang seharusnya di sampaikan.

Memang ini menjadi hal yang sepertinya sepele dan bahkan tidak profesional. akan tetapi inilah yang sering terjadi dan pada akhirnya perusahaan tersebut terus menurun dan terus menurun.

Dan untuk komunikasi perusahaan atau bisnis yang kira jalani dengan pelanggan atau perusahan yang membackup kita harus terus berjalan dengan baik, sehingga informasi sepenting apapun bisa di dapatkan dengan mudah.


14. PENGOLAHAN UANG YANG TEPAT.

Pengolahan uang adalah menjadi bagian yang sangat penting, yang mana dalam pengolahan keuangan yang salah sering kali menjadi alasan suatu perusahaan bangkrut.

Bisnis yang baru di mulai biasanya merupakan bisnis yang biasanya di mulai dari modal utang atau modal bantuan dari BANK. Oleh karena hal tersebut pengeluaran uang harus benar-benar terkendali.

Selalu berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk bisnis tersebut dengan membeli atau mendapatkan barang dengan harga yang lebih miring.

Dan dengan menggunakan tenaga sendiri atau sang pemilik perusahaan turun tangan dengan bekerja keras dalam bisnis tersebut juga merupakan bagian dari pengiritan uang atau dana perusahaan.

Untuk promosi sendiri di awal bisnis sebaiknya jangan di lakukan secara berlebihan.
 

15. TERKECILKAN.

Dalam suatu usaha ataupun bisnis ataupun ketika anda bekerja, hal ini sering kali terjadi dan menjadikan bisnis ini mati atau tidak bisa berkembang.

Yang mana kejadian seperti seorang karuawan yang di kecilkan atau seorang karyawan yang tidak mendapatkan kelayakan seperti karyawan yang bekerja di kantor yang sama  atau bahkan peraturan yang di ciptakan dan hanya beberapa orang yang melanggar peraturan tersebut lalu mendapatkan hukuman, sedangkan yang lainnya tidak mendaptakan hukuman.

Kejadian ini menjadi kejadian di mana mereka mendapatkan perilaku yang tidak adil sehingga, karyawan yang terpencil ini merasa jika dirinya bukan siapa-siapa di kantor atau pada perusahaan tersebut dan kemudian karyawan tersebut tidak berkerja dengan maksimal dan pada akhirnya perusahaan tersebut tidak berkembang dengan baik.

16. Ijin.

Ijin merupakan bagian yang sangat penting dari satu perusahaan. akan tetapi biasanya ijin atau surat ijin usaha biasanya hanya berlaku pada perusahaan besar atau perusahaan yang sudah atau cukup menghasilkan.

Pemerintahan senduru juga tidak akan mempersulit masyarakatnya untuk memulai bisnis. Akan tetapi jika bisnis yang anda jalankan sudah cukup mneghasilkan, sebaiknya anda mengurus ijin untuk mengusaha agar usaha yang anda menjadi bisnis legal dan resmi bagi pemerintahan.

Dengan izin yang resmi, anda juga akan mendapatkan keuntungan seperti kepercayaan dari rekan bisnis anda seperti pihak bank yang akan memberikan nilai anda lebih tinggi.












1 komentar:

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus