Kamis, 02 Agustus 2018

TIPS PEMBUATAN PUPUK KOMPOS


Pupuk Kompos


Peluang Usaha Budidaya - Pupuk kompos adalah salah satu pupuk utama yang di gunakan para petani, yang mana pupuk kompos ini sendiri tercipta dari kotoran hewan maupun tumbuhan yang telah mati dan membusuk dan di uraikan oleh dekomposer atau organisme pengurai. yang mana di antaranya merupakan makroorganisme ataupun makroorganisme. pupuk kompas sangat bermanfaat untuk para petani yang ingin mnyuburkan tanah dan layak pertanian mereka. pupuk kompos yang di berikan pada tanaman mereka akan membuat tanaman seperti pepohonan akan tumbuh dengan maksimal.

Nah.. pastinya anda tau sendiri, bagi anda yang merupakan seorang petani pasti akan sangat menguntungkan jika anda bisa meneruskan bisnis pertanian anda di tambah dengan berbinis pupuk kompos ini. biasanya untuk mendapatkan bahan utama pupuk kompos ini adalah dengan cara mengunjungi ternak-ternak ayam, lembu dan sebagainya. berikut adalah cara-cara yang tepat untuk melakukan proses pembuatan pupuk kompos :

CARA DAN PROSES PEMBUATAN PUPUK KOMPOS.


KOMPOS AEROB

proses pembuatan kompos Aerob akan sangat bagus jika di lakukan tempat yang luas dan terbuka. pembuatan pupuk kompis Aerob ini membutuhkan sirkulasi udara dengan lancar. Material Oraganik yang memiliki unsur karbon dan juga nitrogen  di bawah  30 berbanding 1. dengan kadar kelembapan hinngga 50 persen dan dengan PH kurang lebih berkisar 6-8 berikut adalah contohnya kotoran unggas., gedebog Pisang, leguminosa dan juga Jerami.

Dalam adonan pupuk yang masih membutuhkan Karbon, kita bisa melengkapinya dengan menggunakan Arang dan kam padi untuk membuatnya menjadi seimbang denganmencampurkan bahan tersebut dengan adonan kompos.

Pemuatan kompos aerub sendiri memelukan waktu penguraian hingga sempurna dengan waktu yang cukup panjang yakni bekisar dua bulan. dalam pembuatan kompos ini sangat di perlukan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang bagus, untuk mendapatkan hasil yang maksimal di perlukan ketelatenan. yang mana selama masa proses pembuatan, suhu dan kelembapa pada pembuatan tersebut harus tetap terjaga sesuai dengan kebutahan pupuk, jika tidak hasil yang akan di dapatkan akan jelek atau gagal. untuk mendapatkn suhu yang stabil di perlukan pembalikan pupuk agar kelembapan dan juga suhu  akan tetap Stabil. berikut adalah langkah-langkahnya:

- Untuk tempat pengomposan, siapkan tempat dengan ukuran kurang lebih delapan meter perseginya. akan sangat baik jika pnegomposan tersebut terhindar dari namanya hujan.  jika bisa membuat tempat pengomposan tersebut terhindar dar hujan dengan cara memberikan tedukan untuk tepat pengomposan tersebut.

- siapkan tempat kedua dengan panjang kurang lebih satu meter setengah persegi dengen ketinggian 40 cm. tepat bisa di buat dari bahan papan.

- Bahan yang disarankan adalah bahan organik yang berasal dari sisa tenaman yang sudah di cacah kemudian di campurkan dengan kotoran ternak. untuk bahan oraganik dari sisa tanaman tersebut sangat di sarankan untuk di potong-potong hingga ukuran sangat kecil degnan tujuan bahan tersebut akan semakin mudah terurai. akan tetapi jika pemotongan di lakukan terlalu halus. maka penguraian yang di lakukan tidak akan seimbang dan membuat hasil yang di dapatkan tidak seimbang.

- Bahan-bahan yang terlah di olah dan sudah di campurkan tersebut di masukan kedalam bak hinnga bak tersebut penuh dan juga padat.


PUPUK KOMPOS





- Agar pupuk kompos yang telah di masukan kedalam tempat yang sudah di petakkan tetap lembab, maka sangat di sarankan untuk melakukan penyiraman secukupnya. Agar proses pembuatan pupuk bisa berlangsung dengan lebih cepat dan bisa mendapatkan hasil yang lebih baik, maka sangat di sarankan untuk menggunakan stater mikroorganisme yang merupakan pengurai dan juga pembusuk. kemudian agar pupuk bisa menupuk dengan lebih tinggi, bak papan tersebut di naikkan keatas, lalu tambah pupuk kompos tersebut dengan bahan bahan lainnya hingga ketinggian kompos tersebut mencapai satu setengah meter. setelah itu biarkan sampai 24 jam.

-setelah satu hari di biarkan, biasanya suhu pada tumpukan kompos tersebut akan berubah dan suhu yang ada pada kompos tersebut akan meningkat hingga 70 derajat celcius. dengan suhu tersebut maka pupuk kompos akan menjadi netral dengan matinya bakteri patogen dan juga dengan matinya gulma dan juga jamur. Biarkan suhu tersebut tetap terjaga sampai dengan empat hari.

Hasil yang akan di dapatkan akan sangat buruk jika di lakukan pembiaran lebih dari empat hari atau perlu di lakukan pengolahan ulang yang bahkan lebih dari empat hari.

- agar mikroorganisme dekomposer tidak matil, maka sebaiknya setelah hari keempat, sebaiknya suhu diturunkan. jangan turunkan suhu terlalu derastis, suhu yang di perlukan kompos saat ini hanya berkisar 50 derajat celcius. siram kembali kompos hingga kelembapan tetap terjaga dengan persentasi 50 persen kelembapan. dengan keadaan seperti ini pupuk kompos akan menguap dengan cukup tinggi. cara pencegehannya adalah dengan cara menutupnya dengan pelatik. dengan penutupan kompos tersebut, maka kompos akan terlindung dari cuaca yang buruk juga.

- Langkah selanjutnya yang akan di lakukan adalah dengan membalikan kompos tersebut, cara membalikan kompos tersebut adalah dengan cara membukan papan bak pada pupuk kompos terlebih dulu. langkah selanjutnya adalah memindahkan kompos tersebut di dalam bak kayu tersebut, se;ama proses pemindahan jangan lupa untuk mengaduk kompos tersebut ketika pemindahan di lakukan. pemidahan tersebit di lakukan di sampingnya, pastikan semua bagian dari kompos tersebut terbaik dengan sempurna. lakukan pimandahan secara berulang sampai pemindahan berlangsung hingga beberapa kali dan sempurna. anda bisa melakukan pembalikan kompos tersebut setelah empat hari, atau pembalikan tersebut bisa anda lakukan setiap kompos telah terlihat kelembapan dan juga suhu sudah meningkat dan tidak sesuai dengan yang di batasi.

- Setelah kompos memiliki warna coklar dan volumenya telah menyusut hingga 50%, maka itu tandanya jika suhu pada kompus sudah mencapai stabil, yakni 45 derajat celcius, suhu tersebut menandakan jika pembalikan sudah boleh di hentikan. dan langkah selanjutnya adalah tinggal menunggu proses pematangan kompas. kita bisa menunggu hasil tersebut selama dua minggu.

- Menurut informasi yang di dapatkan dari Info Judi Tangkas, jika proses pembuatan pupuk kompos tersebut berkisar lima minggu, akan tetapi waktu tersebut dalam pembuatan kompos tersebut sebenarnya tidak bisa di pastinya. hal tersebut sangat tergantung dengan cuaca, bahan dan materi yang di gunakan dan cara yang di gunakan apakan sudah baik dan benar. kompos akan semakin cepat jadi jika bahan yang di gunakan dan juga cara pengolahannya benar. Jika warna kompos tersebut sudah berwarna coklat dan kehitaman, kemudian tekstur yang di miliki akan lebih lembut dan juga gembur dan yang paling penting juga tidak berbau, hal tersebut menjukkan jika kompos sudah siap di olah.

- Langkah selanjutnya adalah langkah penyimpanan, sebelum kompos di simpan sangat baik jika kompos di ayak terlebih dulu, penyimpanan menggunakan karung akan sangat membantu kompos menjadi lebih mudah di simpan, di gunakan ataupun untuk di jual.  untuk pemyimpanan pupuk kompos sendiri sebaiknya di tempat yang teduh dan kering.





Bagi yang inign melakukan produksi pupuk kompos dalam jumlah yang cukup besar ini, sangat di sarankan menggunakan methode Aerob ini. karena methode aerob sungguh sangat cocokl sekali. 

KOMPOS ANAEROB.

Mikroorganisme dan juga Inokulan adalah yang paling penting dalam pembuatan pupuk anaerob, Mikroorganisme dan juga Inokulan sendiri memiliki fungsi untuk mempercepat proses penguraian. untuk inokulon sendiri bisa kita dapatkan dengan berbelanja di toko pupuk yang akan kita dapatkan dengan sangat mudah.

Material yang di gunakan sebaiknya bahan organik yang memiliki pernadingan C dan N yang mana perbandingan tersebut antara  30:1. yang mana kita bisa menggunakan skam pagi, Serbuk katu dan juga kotoran kambing. untuk waktu yang di perlukan untuk membuat kompos anaerob ini membutuhkan waktu antara dua minggu sampai dengan dua bulan atau lebih. bahan baku yang di gunakan sangatlah berpengaruh pad kualitas kompos dan seberapa lama waktu pemrosesan. suhu yang di butuhakan adalah di bawah 45% dan untuk kelembapannya sendiri adalah berkisar 35%.

Berikut adalah langkah-langkah dalam pembuatan pupuk kompas anaerob.

 - bahan yang akan di gunakan untuk menjadi materi kompos sebaiknya di sipakan terlebih dulu, bahan yang di sarankan adalah bahan yang memiliki tekstur lunak yang terdiri dari kotoran hewan ataupun limbah tanaman. berikut adalah bahan-bahan yang harus di gunakan. kotoran kambing, limbah organik rumah tangga, hijauan tanaman, kotoran ayam, ampas tahu dan lainnya. bahan akan sangat baik jika bahan tersebut halus.

-  EM4 atau dokomposer sebaiknya di siapkan terlebih duu dengan cara mencampurkan EM4 sebanyak 1cc dengan 1 gram gula dan juga satu liter air.dan kemudia adalah di diamakan selama satu hari.

- gunakan alasa Terpal yang berbahan pelatih, bahan organik yang ushda di siapkan dengan ranjangannya yang sudah halus di atas terpal tersebut, langkah selanjutnya adalah menambahkan nulai perbandingan C dan juga N dengan cara menambahkan sebuk gegaji yang telah di di haluskan . langkah selanjutnya yang paling penting adalah menyemprokan larutan EM4 yang sudah di encekan tadi. semporkan secara merata dan aduk hinga benar-benar teraduk dengan baik. kita bisa menambahkannya dengan air jika kelemabapan kompos berkurang.

- Tong pelatik yang kedap udara tersebut perlu di gunakan. siapkan tong tersebut. bahan-bahan organik yang siudah di campurkan dengan baik kemudian di masukan kedalam dan kemudian ditutup dengan rapat dan juga kedap udara. biarkan hingga empat hari untuk proses fermentasi dan suhu akan berkisar 45 derajar celcius.

-  setelah empat hari, kompos biasanya sudah matang, kompos yang matang sangat mencolok pada baunya, jika kompos yang masih berbau tape, kompos tersebut berarti belum matang, kompos yang sudah matang tidak akan mengeluarkan bau tape. - Agen bola tangkas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar