Selasa, 22 Mei 2018

MEMBUDAYAKAN IKAN KOKI DENGAN BENAR DAN TEPAT

Burayak Ikan Koki


Info Budidaya - membudidayakan ikan koki pastinya bukanlah yang mudah, akan tetapi dengan pengeetahuan yang tepat, pastinya untuk membudidayakan ikan ini bukan lah hal yang terlalu sulit, apalahi untuk para pecinta ikan koki yang sudah mengenal ikan koki dengan baik. berikut adalah pembahan bagaimana cara untuk memebudidayakan ikan koki dengab benar dan tepat.


PERSIAPKAN TEMPAT

Untuk memembudidayakan ikan koki pastinya memerlukan wadah untuk ikan tersebut, wadah yang paling baik untuk ikan koki adalah kolam beton. untuk persiapan luas kolam pembuahan adalah dengan ukurang 1M x 1.5M.

Pastikan saat pembuatan kolam, saluran yang di gunakan untuk pembuangan air lancar agar lebih mudah membersihkannya ketika melakukan pembuangan air.

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan tempat untuk kolam burayak ikan guppy dan kolam beton pembesaran. Jangan lupa untuk pastikan lingkungan di sekitar kolam bersih dan juah dari hama.


Setelah kolam beton telah di persiapkan jangan lupa untuk mengisi air ke kolam beton hingga penuh. tujuan pengisian air ager membersihkan kolan dari bau kimia yang masih ada di dalam kolam, Biarkan air di dalam kolam hingga 3 hari sampai satu minggu.

MEMPERSIAPKAN INDUK YANG AKAN DI BUAHI

Pilihlah ikan koki yang memiliki kualitas kecantikan yang terbaik dan juga pilih ikan koki yang masih keturunan asli, pastikan ikan koki tidak memiliki kecacatan dan pilihkan ikan sehat dengan kualitas berebabg yang gesit. Jangan lupa untuk pastikan induk yang terpilih benar-benar sudah siap untuk si buahi.

Induk yang sudah siap di buahi adalah induk dengan tingkat kebesaran yang cukup dan biasanya di bagian bawah perut baik jantan dan betina akan terasa lebih lunak, karena bagian bawh perut itu adalah temapt sperma ataupun sel telur ikan.


Gunakan perbandingan satu ekor jantan dan dua ekor ikan betina agar pembuahan yang dilakukan maksimal. untuk ukuran kolam 1Mx2M  sangat cucuk menggunakan dua ekor jantan dan empat ekor betina,

Biasanya pembuahan berlangsung antara dua minggu sampai satu bulan. Setelah ikan koki bertelur, pisahkan induk jantan dan betina dari kolam tersebut dan biarkan telur menetas. untuk penetasan telur sampai mejadi burayak ikan koki sendiri berkisar dua minggu.

setelah telur mnejadi burayak sebaiknya tidak langsung di berikan makanan, Burayak di biarkan selama dua hari, karena cadangan makan yang ada di dalam perut masih membuat ikan merasa kenyang dan burayak masih belum beradaptsi.

Setelah ikan berumur dua hari, Burayak bisa di berikan kuning telur untuk beberapa hari. berikan kuning telur untuk burayak ikan secara perlahan. pemberian kuning telur yang berlebihan membuat air lebih cepat keruh dan kotor. Setelah burayak berumur satu minggu, burayak bisa di berkan agas dan ketika anak ikan berumur dua mingg. anak ikan sudah bisa di berikan potongan cacing. Setelah anak ikan berumur satu bulan anak ikan sudah bisa di berikan potongan cacing ataupun jentik nyamuk.

jentik nyamuk pastinya akan sangat menguntungkan bagi peternak ikan Koki, Jentik nyamuk bisa anda dapatkan secara geratis di selokan selokan yang memiliki genangan air. akan tetapi sebelum memberikan jentik nyamuk, sebaiknya jentik nyamuk di bersihkan dan pastikan bebas dari kotoran,

Meskipun jentik nyamuk sudah di bersihkan, jentik nyamuk ataupun cacing sutra tetap bisa memberikan penyakit pada ikan karena mereka berasal dari tempat yang kotor. Khusunya jentik nyamuk yang tidak bisa terlalu lama di biarkan dalam air bersih. Mereka sudah dapat berubah menjadi nyamuk dalam waktu satu hari.

Kualitas Air sangatlah penting agar ikan tetap terjaga dalam kondisi kesehatannya. Kualitas air akan semakin baik ketika saat pengantian air baru, air yang ada pada kolam sebaiknya di berikan sedikit garam agar jamur dan kuman tidak terlalu cepat berkembang.

Untuk Proses Pemanenan sendiri adalah sekitar 3-4 bulan. Ikan berumur tiga bulan akan sangat cucuk untuk di panen, anda sendiri bisa di jual pada toko-toko ikan, ataupun bisa dijual sendiri untuk awal percobaan.


Usaha Jual beli ikan koki ini sendiri memanglah USAHA MENJANJIKAN. Oleh karena itu, di pastikan dapatkan informasi sebanyak mungkin sebelum memulai bisnis ini.

sangat di sarankan untuk mengunjungi sebuah tempat peternakan ikan koki untuk langsung bertanya pada sang peternah langkah-langkah yang lebih lengkap lagi tentang bagaimana untuk melakukan perawatan ikan, membudidayakan dan juga CARA MENGATASI PENYAKIT pada ikan koki. cobalah menjadi teman atau sahabatnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar