Kamis, 24 Mei 2018

TIPS SUKSES BUDIDAYA AYAM PEDADING LENGKAP

Ayam Pedaging | Ayam boiler


INFO BUDIDAYA - Sesuai dengan kemajuan jaman sekarang, kini semakin banyak orang yang tergila-gila dengan makanan yang memiliki rasa lezat dan makanan yang mengandung protein yang tinggi. pastinya orang-orang lebih memilih daging ayam, karena daging ayam memiliki kandungan protein yang tinggi selain itu juga daging ayam juga memiliki harga yang lebih murah di bandingkan dengan daging lainnya, rasanya yang enak membuat daging ini semakin ramai di cari orang, permaintaan daging ayam potong semakin tahun semakin meningkat. oleh karena itu, menjadi peternah ayam potong pastinya akan menjadi keuntungan bisnis yang sangat menjanjikan.

Permintaan ayam pastinya akan sangat menigkat ketika tahun baru lebaran, permintaan yang tinggi dan juga produksi yang terbatas membuat hatga ayam menjadi melunjak tinggi, biasanya harga ayam potong akan meningkat hingga dua atau tiga kali lipat dari harga biasanya. Nah.. apakah anda sudah membayangkan jika anda memulai ternak ayam dan menjalankan bisnis ini dengan benar dan psatinyaanda bisa memulai bisnis ini di waktu yang tepat.

Berikut adalah cara-cara bagaimana menernak ayam potong.

ayam boiler atau yang lebih sering di sebut dengan ayam potong merupakan ayam yang di ternah dan kemudian di ambil keuntungan dari dagingnya. oleh karena itu ayam ini di sebut sebagai ayam pedaging, sebelum kita memulai bisnis yang satu ini, akan lebih baik jika kita mencari tahu lebih banyak tentang apa saja yang kita perlukan dalam menjalani bisnis ini. kita juga harus perhatikan bagaimana agar bisnis yang akan di jalani bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

KANDANG.

1. Lokasi kandang sebaiknya jauh dari pemukiman warga dengan minimal jarak seratus meter
2. Dapatkan izi resmi dari pemerintah.
3. Mudah untuk mendapatkan sumber air.
4. Pastikan kadang yang akan di buat tidak sulit dengan listrik agar penerangan dan kehangatan kandan tidak menurun.
5. Pastikan kandang memiliki udara yang cukup dan jauhkan kandang dari tepisan air hujan.
6. Ukuran kandang tidak terlalu besar dan kecil (tergantung jumlah ayam).
7.Pastikan tempat pakan ayam dan minum nya sudah tersedia
8.Penghangat Ruangan juga tidak kalah pentingnya. Sangat di butuhkan ketika cuaca sedang tidak stabil.

BIBIT
1. Pilih bibit ayam ternak yang memiliki kualitas yang tinggi.
2. Pilih bibit sehat dan aktif.
3. Jangan lupa untuk mengecek apakah bibit ayam cacat atau tidak
4. Bibit yang aktif pastinya akan mimiliki tulang yang besar dan gemuk.
5. memiliki mata tajam dan juga di sekitar hidung tidak terdapat lendir.
6. Lubang anus atau lubung pembuangan kotoran bersih.

PAKAN UNTUK AYAM POTONG.


kebutuhan nutrisi ayam pastinya sangatlah penting, oleh karena itu kita harus memperhatikan pakan yang akan di berikan kepada ayam. makanan yang seimbang dan memenuhi syarat akan membuat ayam akan tumbuh maksimal. protein, vitamin, mineral dan juga lemak sangat di butuhkan ayam untuk pertumbuhan setiap harinya.

Untuk makanan yang di olah dari pabrik yang di jual, sangat di butuhkan pakan yang memiliki komposisi lengkap, selain itu, kita juga bisa mengakali pakan ayam tersebut dengan pakan buatan tangan sendiri.

Untuk pakan ayam pedaging dari pabrik juga di bedakan mejadi dua bagian, yakni:

PAKAN PEMBESARAN

Untuk pakan pembesaran sangatlah di butuhkan oleh ayam pedaging agar bisa bertumbuh dengan maksimal. pakan pembesaran membutuhkan hingga 23% protein atau lebih agar ayam bisa tumbuh dengan maksimal. pakan ini juga diberikan hingga ayam berumur 10 hari dan kemudian pakan tersebut sudah mulai bisa di campurkan dengan pakan untuk mengemukan ayam.

PAKAN PENGEMUKAN

Pakan pengemukan mulai di berikan ketika ayam berumur 11 hari , akan tetapi masih harus di campurkan dengan pakan pembesaran sampai ayam potong berumur 15 hari. untuk pengemukan ayam itu sendiri, ayam potong ini hanya membutuhkan 20% protein lebih rendah di bandingkan dengan ketika ayam berumur di bawah satu minggu. dan setelah itu ayam akan bertumbuh dengan maksimal dan siap di panen pada waktunya.



PEMBERIAN VAKSIN

pemberian vaksin kepada ayam potong bertujuan agar ayam potong yang akan di pelihara tidak mudah sakit dan memiliki daya tahan tubh yang lebih kuat dari virus-virus. setelah ayam pedaging ini di vaksim imun yang ada pada ayam akan semakin kuat. cara pemberian vaksin ini sendiri bisa melalui vaksin yang di camputkan dengan air minum, vaksin tetes, vaksin suntik dam vaksin suntik.

Sebelum vaksin dilalukan, sangat di sarankan bagi anda untuk membaca lebih lanjut artikel ini, agaar anda tidak salah langkah dalam memberikan vaskin.


BAGAIMANA CARA MENYIMPAN VAKSIN DENGAN BENAR

1. Simpanlah vaskin dalam suruh yang dingin yakni antara 5 - 15derajat. akan tetai jangan pernah menyimpan vasin dalam pembeku. jangan pernah menempatkan vaksin di diatas suhu yang panas atau vaksin tidak akan bekerja.

2. Sulit di jangkau anak-anak

CARA YANG TEPAT MEMBERIKAN VAKSIN

1. Sebelum memberikan vaksin jangan lujpa untuk memperhatikan kadarluarsa vaksin, dosis dan juga kadar vaksin yang akan diberikan kepada ayam.

2. Jangan berikan vaksin pada ayam yang sakit.

3. Vaksin ayam ketika pagi atau sore ahri, intinya ketika udara sedang tidak terlalu panas.

4. Jika menggunakan vaksin dengan cara memcampurkan dengan air, pastikan tempat minim ayam berbahan pelsati dan jangan berbahan logam dan psatinya air yang di gunakan air yang benar-benar bersih.

5. Setelah melakukan vaksin, pastikan alat yang di gunakan untuk vaksin itu di cuci bersih kembali.

6. setelah vaksin selesai di lakukan, jangan lupa untuk berikan suplemen agar stres yang di alami ayam berkurang.


PERAWATAN AYAM POTONG.

1. Untuk Minggi Pertama.

Untuk hari pertama, ayam yang mendapatkan tingkat stres si perjalanan di berikan air gula agar ayam tidak terlalu stres. 

Untuk hari kedua - Terus berikan air vitamin untuk anak ayam dan berikan pakan dengan ukuran 1.3 KG / 3 ekor anak ayam.

Untuk Hari Keempat, berikan vaksi kepada anak ayam atau DOC. vaksin yang paling baik di lakukan adalah vaksintetes mata.

Gunakan Skat pada kandang, dalam satu kandang usahakan ayam tidak terlalu sempit ataupun tidak terlalu jarang agar suhu tetap terjaga.

2. Munggu kedua.


Nah untuk minggu kedua, ayam sudah mulai mudah untuk di jaga, pastikan kebersikan kandang tetap terjaga dan suhu yang ada di dalam kandang juga tetap stabil. janganlupa untuk menyesuaikan jumlah ayam dan ukuran ayan dengan kandang.

pakan yang akan di berikan juga di tingkatkan, yakni dengan ukuran 3.5 KG / 100 ekor ayam.

3 Minggu ketiga.

Pada minggu ketga suhu pada tubuh ayam akan semaking menigkat, jangan lupa untuk turunkan suhu pada kandang dan tetap harus sesuaikan ayam dengan ukuran kandang. untuk minggu ketiga ini, Pakan ayam yang di berikan kepada ayam yakni dengan perbandingan 5 KG / 100 ayam.

4 Minggu ke empat.

Tetaplah jaga kualitas dan kebersihan kandang dengan memberikan lapisan pada lantai kandang, apda minggu keempat atau berkisar 30 hari, ayam biasanya sudah siap di panen.

Jangan lupa untuk membersihkan kandang dan kosongkan kandang hingga beberapa hari, dan anda bisa kembali mengisi kandang dengan bibit baru.

Nah.. itulah cara dan tips yang masih bisa anda kembangkan dengan lebih lanjut. Usaha Menjanjikan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar